BERITA UTAMASEPUTAR SIGI

Bupati Sigi Hadiri Rakor Pengembangan Agrobisnis, Ini Harapannya

BERITASIGI.COM – Senin, 10 Agustus 2020 dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengembangan dan Penguatan Agrobisnis Pelaku Usaha Pertanian oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan, Bersama stake holder terkait di Ruang Rapat Bupati Sigi.

Agenda ini dilakukan dalam rangka serta upaya meningkatkan daya saing komoditas pertanian di Kabupaten Sigi, untuk menghasilkan langkah strategis dalam pengembangan dan penguatan agrobisnis pelaku usaha pertanian.

Pada sambutan Bupati Sigi, beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Sigi memiliki potensi yang cukup besar dalam komoditi pertaniannya dan berkeinginan untuk menjadikan Kabupaten Sigi sebagai kawasan penghasil produk organik, baik itu pertanian maupun juga pada sektor lainnya.

Beliau berharap Kabupaten Sigi dapat berdaya saing dalam sektor pertanian dan dikenal dengan brand penghasil produk pertanian organik. Dimana kebutuhan pasar akan produk pertanian dan peternakan di Sulawesi Tengah cukup besar, terlebih menyambut momen kepindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur.

Dengan daerah yang rencananya akan dijadikan sebagai kawasan organik yaitu Kecamatan Kulawi, Kecamatan Palolo dan Kecamatan Dolo, beberapa penguatan yang perlu dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut yaitu penguatan kelembagaan, penguatan sumber daya dan penguatan pasar untuk komoditi pertanian organik tersebut.

Namun sebelum program komoditi organik ini dijalankan, terlebih dahulu akan dibuatkan roadmap atau konsep untuk menjalankan program tersebut agar terarah dan memiliki tujuan yang jelas. Beliau berharap nantinya sektor komoditi organik ini menjadi kekuatan utama Kabupaten Sigi yang dapat menyangga perekonomian daerah terlebih untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sigi.

Turut hadir pada kegiatan rapat koordinasi ini Kepala BPTP Provinsi Sulteng, Kepala BPS Kabupaten Sigi, Kepala BP3D, Kadis Ketahanan Pangan dan perikanan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebuban, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pimpinan Wahana Visi Indonesia Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Muhammad Ansha, MP (Bidang Budidaya Organik), Dr. Ir. Anita Ahmad Kasim, S.Kom. M.Cs (Bidang Teknologi Informasi), Kepala BPP se Kab. Sigi dan koordinator jabatan fungsional penyuluh perikanan Kabupateng Sigi***

Related Articles

Close